News

News PT Bumi Kirana Asri

PEMANFAATAN OPTIMALISASI SPAM KOTA DUMAI, RIAU

Pembangunan IPA Kota Dumai dengan kapasitas 50 l/s memanfaatkan Teknologi Hollow Fiber Nano Filtrasi (HFNF). Teknologi HFNF adalah proses filtrasi bertekanan, yang memanfaatkan membran untuk menyisihkan partikel warna, kekeruhan, dan padatan tersuspensi dengan kadar tinggi yang sulit disisihkan oleh IPA konvensional. Teknologi HFNF di PDAM Kota Dumai ini merupakan yang pertama diaplikasikan di PDAM yang ada di Indonesia.

Teknologi HFNF dilengkapi dengan Pre-Filter Azud tipe Automatic Disc Filter yang membantu proses penyaringan dengan menggunakan media filter. Air baku dipompa menuju Pre-Filter Azud dengan menggunakan Pompa Davey tipe Horizontal Centrifugal End Suction Pump dan Vertical Multistage.

Pemanfaatan Optimalisasi SPAM Kota Dumai ini telah diresmikan pada 30 September 2021, di Kota Dumai oleh Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti bersama Wali Kota Dumai, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Indra Gunawan dan Direktur Air Minum Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Anang Muchlis, serta Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Riau Ichwanul Ihsan (BPPW) Propinsi Riau.

Leave a Reply